Sabtu, 14 Juni 2014

DMK UPI 2014

Perjalanan kami dimulai pada tanggal 16 Mei    2014, berangkat dari UIN Malang pukul 07.30 menuju stasiun Kota Malang. Sampai di stasiun  Kota Malang, kami menunggu kereta menuju      Kediri . Kenapa harus menuju Kediri terlebih       dahulu? Karena kami mengendarai kereta “Kahuripan” sehingga kami diharuskan transit ke Kediri dulu. Perjalanan menuju Kediri menghabiskan waktu kurang lebih 4 jam perjalanan. Setelah sampai di Kediri, kami beristirahat kurang lebih 2 jam karena kereta yang akan membawa kami ke Stasiun Kiaracondong di Bandung akan berangkat pada pukul 14.00 siang. Di Stasiun Kediri kami, sholat, makan, mandi dan istirahat. Sampai pada pukul 14.00, kereta yang akan membawa kami ke Bandung pun datang.


Selama perjalanan, kami menghabiskan waktu kurang lebih 15 jam perjalanan menuju Bandung dari pukul 14.00 sampai di Bandung pada  pukul 05.30. Sampai di Bandung, rupanya kami sudah di jemput oleh pihak panitia Diklat Manajemen Koperasi Universitas Pendidikan Indonesia. Perjalanan menuju UPI kami bersama dengan 1 calon peserta DMK UPI dari Universitas Sebelas Maret.
Sampai di UPI kami menuju ke masjid untuk mandi dan persiapan buat menerima materi tentang manajemen koperasi. Setelah persiapan kami menuju ke kantin sekaligus kantor yang menjadi satu. Di kantor Kopma UPI kami bertemu banyak rekanan anggota kopma dari seluruh nusantara, ada yang dari Universitas Bengkulu, Universitas Udayana,  IAIN Batusangkar, UIN Kalijaga, UIN Syarif dan masih banyak lagi.




Setelah itu kami menuju ke gedung dimana materi tentang manajemen koperasi akan disampaikan. Materi pertama bertemakan manajemen koperasi kemudian disusul dengan manajemen keuangan dan pemateri bebarengan dengan manajemen kepengawasan, kemudian pemateri dilanjutkan dengan "Website sebagai Marketer Perusahaan" dan terakhir bedah film "Ketika Tuhan Jatuh Cinta" yang dihadiri Ibnu Jamil








Setelah materi semua disampaikan pada hari Sabtu, pada sore harinya semua peserta dipersiapkan menuju ke Gunung Gede Pangrango di Cianjur. Perjalanan menghabiskan kurang lebih 3 jam dari Bandung. Menuju ke Gunung Gede, kami mengendarai bus yang sudah disediakan panitia.
 





Pada malam hari di Gunung Gede, kami menginap di asrama dan di pagi harinya di mulai jam 06.00 pagi outbound dimulai dengan game kemudian sarapan setelah itu pembagian kelompok untuk pelaksanaan outbound. Banyak game yang disediakan, tapi sebelum  bermain game kami harus menyebutkan satu persatu prinsip koperasi. Salah satu game yakni menutup mata, anggota kelompok yang menutup mata diberi pertanyaan seputar koperasi, matematika dan pengetahuan sosial lainnya kemudian bila ada yang menjawab kemudia ketua kelompok yang tidak ditutup matanya mengarahkan buat berjalan di area yang diberi tali rafia sehingga ketua kelompok mengarahkan anggotanya yang ditutup mata agar tidak menginjak garis. Hal yang bisa diambil dari permainan ini pengetahuan yang cukup luas dan kepercayaan. Dan masih banyak game lagi.



Setelah outbound selesai, kami dipersilahkan untuk mandi kemudian makan. Setelah makan, kami bertukar kado. Setelah itu berfoto bersama dengan semua peserta DMK UPI. Kemudian  balik ke UPI.
 



 Foto bareng dengan KOPMA rekanan UPI, Universitas Udayana dan IAIN Batusangkar di kantin UPI.


Kami menginap di kantor UPI, keesokan harinya setelah sarapan di kantor UPI. Kami janjian dengan rekanan KOPMA Udayana dan IAIN Batusangkar untuk mengunjungi KOKESMA ITB. Disana, rekanan KOKESMA ITB mengajak kami ke kantin dan toko mereka kemudian kami saling sharing tentang kopma kami masing-masing. Setelah itu kami berfoto-foto di objek-objek ITB. 






Setelah dari ITB kami berpisah dengan rekanan dari KOPMA Udayana dan IAIN Batusangkar. KOPMA Udayana dan IAIN Batusangkar melanjutkan silaturahmi ke Kopma-kopma lain di Bandung. Setelah itu kami ke pasar baru di Bandung untuk mencari oleh-oleh. Kemudian kami ke Stasiun Bandung untuk menuju ke Stasiun Kiaracondong. Sampai di Stasiun Kiaracondong kami bersiap-siap dengan mandi dan makan, kemudian kami berangkat dari Bandung menuju Kediri pada pukul 19.30 malam sampai di Kediri pada pukul 12.00 siang dan dari Kediri kami naik kereta lagi menuju Malang. Sampai di UIN Malang pada pukul 18.00 pada hari selasa 20 Mei 2014. (esa)
 

2 komentar:

  1. Nice post =)

    Anda Pengusaha/Manager Bank Perkreditan Rakyat (BPR) atau Koperasi tetapi
    pencatatan data-data masih manual?
    Atau anda sudah memiliki Sistem Informasi Bank Perkreditan Rakyat (BPR)
    atau Koperasi tapi masih kurang puas dengan sistem yang sudah ada?
    Atau mau buat Sistem Informasi baru tapi dana terbatas?
    Kami Solusinya..!!!
    Hubungi FERNANDES - HP : 083834375641 / BBM : 75286D3B
    / WEBSITE : www.cvelecomp.com

    BalasHapus
  2. Blog Kakak Garing , kurang sekali wawasan , coba dech baca baca artikel di sini, pasti artikelnya tambah oke. Biar hidup dan enak di baca gampang di cerna . Tidak formal begini . Contoh Blog saya ini
    Majalah Aneh Dan Unik . Berisi tentang semua yang aneh dan unik dari seluruh dunia , misalnya ....
    Inilah 5 Tanda Kematian yang Pernah Terjadi Harus Di Baca Sekarang Inilah 7 Pilot Tercantik di Indonesia, Penasaran? Harus Di Baca Sekarang Inilah Bahaya Duduk Berbentuk Seperti Huruf "W" Harus Di Baca Sekarang Inilah Kebenaran Sendal Jepit yg Banyak Tidak tahu Harus Di Baca Sekarang Inilah Kebenaran Video Pocong Yang Resahkan Warga Kampung Jawa Harus Di Baca Sekarang Inilah Kisah Rahasia Dibalik Gerbang Neraka Turkmenistan Harus Di Baca Sekarang Inilah Lokasi di Indonesia Yang Terkenal Sebagai Tempat Pesugihan Harus Di Baca Sekarang Inilah Nama Kota Tanpa Huruf Vokal yang Buat Lidah Keseleo Harus Di Baca Sekarang Inilah Negara Paling Ditakuti ISIS yg Akan Buat Anda Terkejut Harus Di Baca Sekarang Inilah Penghargaan Nobel Terburuk yang Pernah Ada? Harus Di Baca Sekarang Inilah Wajah Pemeran Titanic Setelah 18 Tahun Berlalu

    Paling Penting
    Majalah Ilmu Kesaktian

    BalasHapus