Rabu, 29 Mei 2013

KENAPA HARUS JAMBORE

  Jambore sangat erat kaitannya dengan kepanduan atau pramuka. Rangkaian kegiatannya secara umum adalah replika kehidupan yaitu bagaimana seorang pesertanya mampu bertahan hidup dengan segala keterbatasan alat modern dan bersatu dengan alam. Nilai-nilai yang dapat dipetik juga beragam, dari kepemimpinan, bekerjasama, kreatif berifikir, cepat memutuskan masalah, alternatisasi kebiasaan, dan tentu saja keluar dari “zona nyaman”.
            Melihat dari banyaknya nilai positif tersebut, dewasa ini jambore tidak hanya dilaksanakan oleh pramuka saja, jambore juga dilaksanakan sekumpulan organisasi tertentu, baik profit maupun nonprofit. Latar belakang pelaksanaannya jelas menyesuaikan dengan tujuan jambore itu sendiri sehingga para kader organisasinya memiliki kemandirian dan keramahan serta keakraban dengan alam.
Antusiasme para panitia
            Rangkaian kegiatan jambore ini tidak memiliki standar atau kebiasaan tertentu yang ditetapkan menjadi sebuah teori atau ketentuan lainnya yang njlimet atau mengacu pada sebuah kurikulum tertentu sehingga jambore menuntut pelaksananya mengemas acara ini sekreatif dan semenarik mungkin tanpa meninggalkan esensi dan tujuan dasar dari jambore itu sendiri. Dengan kata lain, games lah yang menjadi andalan kegiatannya.
            Namun dengan berkembangnya teknologi juga berdampak pada kemasan games tersebut. Mulai dari penggunaan media-media berat dan beresiko tinggi, menggunakan media air, dan juga games ringan namun menuntut kreatifitas dalam pemecahannya. Secara umum, jambore harus menyenangkan dan tetap edukatif. Dan setelah acara ini, diharapkan peserta memiliki semangat kembali dalam mengarungi aktifitasnya sebagai kader koperasi yang berbekal mental yang tangguh setelah ditempa keramahan alam.
            Lalu mengapa harus jambore koperasi mahasiswa perlu diadakan? Setidaknya dengan pemaparan di atas jawabannya sudah terjawab dan pertanyaan tersebut berubah menjadi “Sudahkah anda mendaftar Jambore Kopma Nasional 2013 yang cetar membahana badai ini???”(Hamdi oye / anggota '10)

1 komentar: