Jumat, 24 Mei 2013

“Master of Ceremony”, dikupas Habis dalam Training of Public Speaking


Inakop-Publik Speaking kembali hadir mengadakan training pada hari Kamis (16/5/2013), di Ruang Sidang Gedung Sport Center UIN Maliki Malang. Pelatihan yang dihadiri oleh kurang lebih 20 peserta ini membahas tentang Master of Ceremony (MC). Materi yang disajikan pun cukup menarik mulai dari persiapan menjadi MC, seni menjadi speaker yang baik, performing, seni bersuara, dan masih banyak lagi. Pelatihan dengan tema Master of Ceremony Formal vs Non-formal ini, selain bertujuan untuk mempererat tali silahturahmi para anggota Kopma Padang Bulan, juga untuk melatih mental anggota agar mampu menjadi MC yang baik.
Pelatihan yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam ini, menghadirkan pemateri-pemateri yang handal di bidangnya seperti M. Nurul Hamdi dan Kurniawan Unggul Pambudi. Walaupun sore itu cuaca mendung, tidak menyurutkan semangat peserta yang hadir, mereka sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Pada pelatihan ini, peserta tidak hanya menerima teori saja, tapi juga diberi kesempatan untuk mempraktekkan materi yang telah dibahas. Praktek tersebut dilakukan secara bertahap dengan dipandu oleh pemateri, mulai dari penguasaan diri, mengucapkan salam, dan pembukaan. Komentar dan saran yang membangunpun disampaikan oleh pemateri agar peserta semakin baik dalam peformancenya.
Menjelang akhir acara, peserta dibagi menjadi 3 kelompok yaitu MC formal, MC semi non-formal, dan MC non-formal. Mereka diberi kesempatan merancang sebuah teks Master of Ceremony dan mempraktekkannya di depan peserta lain. Dengan diadakannya acara ini semoga dapat menambah wawasan dan kemampuan anggota Kopma Padang Bulan agar lebih percaya diri menjadi seorang public speaker.
So, buat para kader Kopma Padang Bulan yang belum sempat mengikuti pelatihan public speaking, di pelatihan selanjutnya jangan sampai ketinggalan ya?! Ok guys tetap semangat… Bravo Kopma…!!!! (lsh)

1 komentar: